Halaman

Kamis, 18 Oktober 2012

Social network mode on


Social network mode on

            “Sehari belum update status facebook nih..”
“Follback twitter aku ea..”
Ya, kira-kira begitulah kondisi sosial masyarakat kita masa kini. Situs jejaring sosial yang kini marak di kalangan masyarakat Indonesia khususnya, memberikan pengaruh yang cukup mengena di hati penggunanya. Ibaratnya, dunia gelap jika sehari tanpa online Facebook, Twitter, Yahoo, dll.  Kebutuhan berkomunikasi menjadi sesuatu yang primer, apalagi fasilitas komunikasi kini sudah mengalami perkembangan yang begitu pesat sehingga memudahkan tiap orang untuk berkomunikasi antar daerah, nasional bahkan internasional.
Kini saatnya kita bandingkan dua jejaring sosial luar negeri dan jejaring sosial lokal (Indonesia). Dua-duanya sama-sama berperan sebagai jejaring sosial atau sebagai sarana interaksi sosial sih, tapi pasti ada dong, kelebihan dan kelemahan masing-masing, nyok kita tengok.
Kita mulai dari sosial network andalan kita, ya Facebook. Semua udah tahu tentang facebook kan? Udah dong.. situs jejaring sosial ini adalah produk luar negeri yang kini mendunia, cara operasinya yang ringan memudahkan pengguna dalam mengakses situs ini, dari orang tua hingga anak-anak, bahkan bayi pun sudah mengenal satu situs ini. Di dalamnya kita bisa berbagi informasi melalui posting status, upload foto, chat dll.

           
Cukup online di depan monitor yang telah terhubung internet, sign in, dan kita pun bisa dengan mudah berbagi cerita dengan lawan bicara kita. Namun karena facebook merupakan jejaring sosial yang marak pengguna, para pengguna diharapkan lebih hati-hati dalam menampilkan informasi di dalamnya. Karena telah banyak terjadi kejahatan seperti pembobolan akun melalui jejaring sosial seperti facebook ini.
Beralih ke jejaring sosial made in negeri sendiri, sebenernya banyak sih jejaring sosial bikinan Indonesia, tapi kali ini, kita ngankat satu jejering sosial yaitu jejaring sosial temanku.net


Kesan pertama masuk di jejaring sosial ini adalah “Gila, nii situs mirip banget sama facebook, Cuma satu aja nih yang bikin beda, facebook yang identik dengan warna biru, temanku.net menampilkannya dengan warna hijau”. Cara sign up dan isi fitur-fiturnya juga mirip banget dengan facebook.com. bener kalo temanku.net dibilang copycat’nya facebook.com. g banyak komentar deh, yang jelas berdasarkan analisis saya pribadi. Pengguna jejaring sosial Indonesia masih sangat minim sekali, karena situs yang lahir dari dalam masih belum maksimal pemrogamannya. Belum lagi situs jejaring sosial yang banyak meniru situs yang sudah populer membuat ilfeel para calon pengguna. (Hehe)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar